• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SEKOLAH DASAR NEGERI 60 BANDA ACEH. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


SEKOLAH DASAR NEGERI 60 BANDA ACEH

NPSN : 10105447

Jl.TGK Lampoh Bungong Batoh Kec.Lueng Bata


sdn60.bandaaceh@gmail.com

TLP :


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 64948
Pengunjung : 33070
Hari ini : 78
Hits hari ini : 121
Member Online : 0
IP : 18.97.14.82
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR




Rendahnya minat belajar siswa menyebabkan hasil belajar tidak maksimal. Diperlukan metode pembelajaran yang
dinilai efektif untuk memberikan pengaruh positif terhadap minat belajar pada siswa, misalnya pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizizz.

 

Metode pembelajaran dengan menggunakan aplikasi quizizz dapat menjadi alternatif pilihan efektif untuk meningkatkan minat belajar pada siswa SD Negeri 60 Banda Aceh.

 

Beberapa tahun terakhir, dunia pendidikan mulai bertransformasi ke arah yang lebih modern dan terbarukan. Sebut saja perubahan dalam sistem ujian akhir nasional (UN), dari paper based test atau manual menuju computer based test atau ujian berbasis komputer. Kehadiran teknologi juga mempengaruhi berbagai sistem dan peraturan baru di sekolah seperti absensi dengan sidik jari, pengiriman kuis soal melalui aplikasi, dan berbagai penelitian lainnya yang tidak bisa dipisahkan dari perangkat-perangkat lunak.

 

Eksistensi teknologi juga semakin meningkat dengan adanya pandemi Covid-19, 2020 silam. Institusi pendidikan secara tiba-tiba harus memutar otak dalam menyusun strategi terbaik yang win-win solution bagi peserta didik, tenaga pendidik, dan semua pihak terkait. Alhasil, beberapa terobosan baru hadir hasil dari kreativitas, inovasi, dan kerja keras semua guru di Indonesia seperti, pengelolaan administrasi secara digital, pembelajaran jarak jauh menggunakan aplikasi, dan pembuatan kuis serta soal ujian dengan game edukasi.

 

Adanya inovasi dan gerakan baru dalam pendidikan tersebut sangatlah penting agar peserta didik lebih mudah dalam memahami materi ajar, membuat pengalaman yang menyenangkan dalam kelas, dan mengatasi adanya learning loss karena jenuh serta tidak termotivasi dalam pembelajaran.

 

Salah satu game edukasi yang dapat Anda gunakan dalam pembelajaran era digital adalah Quizizz. Aplikasi tersebut merupakan platform game-based learning yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat permainan dan kuis interaktif bagi siswa. Pembelajaran berbasis permainan merupakan salah satu metode yang dapat membuat Bapak/Ibu lebih dekat dengan peserta didik. Semakin dekat dan mengenal siswa, mereka akan lebih terbuka dan termotivasi dalam setiap pertemuan. Ini adalah cara kreatif dan inovatif untuk membantu peserta didik memahami konsep dengan cara yang menyenangkan.




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas